Potret Karakter Anak Melalui Golongan Darah

Senin, 23 April 2012

Siska Yuniati

Menjadi ibu merupakan pekerjaan mulia tanpa batas dan akhir. Pekerjaan yang berat, sehingga jangan heran kalau banyak orang yang sampai melakukan tindakan yang tidak logis karena ketidaksiapannya menjalani peran ibu. Pekerjaan ibu dikatakan tanpa batas karena mencakup semua aspek kehidupan anak, bahkan hubungan anak dengan penciptaya pun dipengaruhi oleh kehadiran ibu. Tanpa akhir karena kontrak seorang ibu tidak mengenal waktu, tidak hanya sampai anaknya dewasa, tidak hanya sampai anaknya menikah, selamanya.

Karena kemuliaannya, pekerjaan ibu merupakan pekerjaan yang berat. Dia berkewajiban mengasuh dan mengembangkan diri anak sejak dalam kandungan hingga batas yang tak tentu. Karena pekerjaan ini berat, tidak jarang pada saat anaknya masih balita dan remaja pun banyak ibu yang tidak sanggup memahami siapa anaknya sesungguhnya. Banyak ibu yang tidak tahu apakah anaknya berkarakter seperti dirinya, seperti suaminya, seperti leluhurnya yang lain, campuran dari beberapa karakter, atau pribadi baru yang sama sekali berbeda.

Untuk membantu peran mulia ibu ini (juga peran orang tua dan guru tentunya), secara tidak langsung Toshitaka Nomi menghadirkan buku Touch My Heart, Mengenal Kepribadian Anak Menurut Golongan Darah. Buku yang diterjemahkan dari bahasa Jepang ini, berusaha mengupas kepribadian berdasarkan golongan darah. Walaupun pembahasan utamanya anak, namun penulis tidak lupa menyinggung remaja dan orang dewasa.

Toshitaka Nomi menuliskan bahwa anak bergolongan darah O jika perasaannya tertekan, akan menjadi pemberontak dan pembuat onar. Walaupun begitu, sesungguhnya anak bergolongan darah O senang memberikan pertolongan kepada orang lain. Sementara, anak bergolongan darah A bersifat "bawel", banyak bicara, dan senang menunjukkan hal yang telah dilakukannya (kadang terkesan pamer). Anak dengan golongan darah jenis ini sebenarnya tidak bermaksud sombong, melainkan sekadar berharap orang lain turut gembira atas kegembiraannya. Anak dengan jenis golongan darah A biasanya menikmati hal-hal yang dilakukannya, terlebih jika yang ia lakukan itu tidak dilakukan orang pada umumnya.

Lain halnya dengan anak bergolongan darah O dan A, anak bergolongan darah B bersifat pemalu, sulit mengungkapkan hal yang dialaminya. Namun, begitu hatinya tersentuh, ia menjadi sangat lembut. Sementara, anak bergolongan darah AB lain lagi, ia tidak menyukai batasan-batasan, cenderung melakukan hal yang ia mau dengan cara berpikirnya yang simple.

Buku yang ditulis berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Toshitaka Nomi (lanjutan dari penelitian yang telah dilakukan ayahnya) ini, melibatkan tidak kurang dari 10.000 responden. Jumlah yang cukup untuk menyimpulkan bahwa penelitian ini benar-benar dapat dipercaya. Selain itu, buku ini disertai dengan berbagai contoh nyata permasalahan yang terjadi pada anak, penjelasan golongan darahnya, kemudian cara mengatasinya. Dengan kata lain, buku ini tidak hanya informatif melainkan juga solutif sehingga layak dibaca oleh para ibu (dan ayah tentunya), guru, dan masyarakat umum yang ingin belajar mengenai karakter anak dan orang lain. Selamat hari ibu, selamat membaca, dan jadilah ibu yang memahami anaknya!

Judul: Touch My Heart, Mengenal Kepribadian Anak Menurut Golongan Darah

Penulis: Toshitaka Nomi
Penerjemah: Holy Setyowati
Penerbit: Andi, 2007
Tebal buku: xvi + 138
Harga: Rp25.000


Tulisan ini dipublikasikan pertama kali pada Majalah Bakti Edisi 203/Mei 2008.



4/23/2012