Menelusuri Sejarah, Perkembangan, Prestasi, dan Potensi Papua

Kamis, 01 Januari 2015

Sejarah panjang Papua yang menyisakan gejolak politis disertai konflik, masih menyajikan misteri tersendiri bagi masyarakat awam. Jangankan memahami akar permasalahan, masyarakat Indonesia sendiri bahkan banyak yang belum mengenal secara dekat dua provinsi yang memiliki maskot cenderawasih tersebut. Oleh karena keterbatasan informasi, bahkan sebagian masyarakat Papua terindikasi tidak memahami secara mendasar sejarahnya sendiri dan segala sesuatu yang terjadi saat ini.

Hiruk-pikuk pertambangan yang sejatinya meneduhkan oleh karena bayangan kemakmuran yang bakal didapatkan, pun kerap berujung pada berita tentang ketidakpuasan. Kandungan emas yang dikabarkan menempati urutan pertama di dunia, kontrak yang penuh misteri karena disinyalir merugikan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Papua, merupakan dua sajian yang begitu familier di media massa Indonesia. Akan tetapi, sajian tersebut kerap diterima secara sepotong-sepotong sehingga tidak pernah menghadirkan pemahaman yang lengkap.



Judul
Penulis
Sabjan Badio
Penyunting
Samiasih, Sri Suharyanti, Siska Yuniati
Penerbit
Aswaja Pressindo
Tahun Terbit
2013
Tebal
xii + 202 halaman
ISBN
978-602-7762-06-0

Untuk membantu memberikan gambaran tentang Papua tersebut, Sabjan Badio menulis buku Aku Papua Aku Indonesia. Sabjan Badio berusaha menyajikan sisi yang jauh dari hangatnya dunia politis, jauh dari panasnya konflik kepentingan. Buku ini mendeskripsikan Papua, baik Provinsi Papua maupun Provinsi Papua Barat, secara sederhana, mulai profil, sejarah, perkembangan, prestasi, hingga berbagai potensi yang ada di Papua. Melalui buku ini, pembaca diharapkan dapat mengenal Papua lebih dekat, secara sederhana dan objektif. [@sisyuniati]



1/01/2015