Apa Arti Katebelece?

Rabu, 18 November 2015

Ini katebelece yang bikin heboh itu.
Sumber: metrotvnews.com
Sabjan Badio

Pernah mendengar kata katebelece? Pernah dong, ketua DPR kita telah "mengenalkan" kata tersebut. Berkat kasus katebelece Pak Ketua itu, rakyat Indonesia jadi begitu familiar dengan kata itu.

Kalau saya, sih, baru mengenalnya hari ini. Habis, jarang menonton televisi. Membaca koran pun sekali-sekali saja. Nah, hari ini, saat membaca kasus-kasus yang membelit Pak Ketua DPR kita menggunakan gawai elektronik, sampailah saya pada si katebelece.

Iseng-iseng saya survei ke teman-teman. ternyata, mereka senasib dengan saya, tidak tahu pula perihal si katebelece. Bahkan, ada yang mengira kata itu masih berkerabat dengan kate loe aje. Kalau saya sendiri, mengiranya semacam "apel malang"-nya Angelina Sondakh atau woles-nya anak-anak muda sekarang.

Mencoba browsing lewat Om Google, ternyata ada pula yang kepo kayak saya. Di Yahoo Answers sudah ada yang menanyakannya dan sudah dijawab dengan baik enam tahun lalu oleh pemilik akun Yahoo, Jusdan. Berarti pertanyaan ini tidak ada hubungannya dengan Pak Ketua. Pertanyaan itu ditulis anak SMEA yang sedang mengerjakan tugas, kali ya? Begini jawabannya si Jusdan.

Katabelece berasal dari bahasa Belanda: "kattabelletje" yg kemudian dibahasa Indonesiakan menjadi "katabelece" yang arti sebenarnya (semula) "kata peringatan". Dalam pengertian saat ini katabelece merupakan surat atau nota dari pejabat kepada bawahan yg meminta agar apa yg tercantum dalam surat tsb diperhatikan/dilaksanakan (surat sakti)

Karena itu tidak heran apabila Drs.Kartiman dari UGM pernah mengusulkan agar tulisan atau ejaan jangan "katabelece", akan tetapi "katebeletje", karena menurut aslinya istilah kattebelletje itu berasal dari "kat (kucing)" dan "bel (klintingan)".

Dari istilah asli diatas digambarkan bahwa:
Seekor tikus akan menggigil ketakutan, jika tiba-tiba mendengar bunyi klintingan kucing. Begitu pula seorang bawahan merasa takut sewaktu menerima suatu "surat sakti" dari atasannya atau tokoh yang berwibawa.

Oleh karenya agar ia selamat dari akibat-akibat yang tak diinginkannya, imbauan yang tertera dalam surat sakti tadi dipenuhi segera. Siapa tahu dengan melaksanakan apa yg tercantum dalam surat sakti tsb nasibnya akan lebih baik lagi.
Sumber:
apakabar@access.digex.net

Ternyata tidak ada hubungannya dengan apa kate loe aja. Hehe. Dengan apel malang? Bagaimana ya, mau bilang, takut kena kasus. Hal yang jelas, kata katebelece ternyata ada di Kamus Bahasa Indonesia milik Badan Bahasa. Artinya sebagai berikut.

ka·te·be·le·ce /katebĂ©lece/ n 1 surat pendek untuk memberitakan hal seperlunya saja; 2 surat pengantar dr pejabat untuk urusan tertentu

Oh, ya, di atas saya menyebut anak SMEA. Bukan maksud hati untuk rasis. Nyatanya demikian. Istri saya yang pernah kuliah di SMEA jurusan akuntansi ternyata mengerti kata itu. Menurutnya, di sekolahnya, biasa menyebut katebelece. Wah!

Bagaimana? Pengen punya katebelece, tidak?



11/18/2015