Menelusuri Jejak Kesultanan di Pulau Jawa

Jumat, 01 Januari 2016

Siska Yuniati

Pulau Jawa merupakan saksi pesatnya perkembangan Islam di Nusantara. Di Pulau Jawa, Islam masuk di antaranya melalui pusat-pusat kerajaan. Di Pulau Jawa, agama kerajaan banyak ditentukan oleh agama pemimpinnya. Ketika seorang raja beragama Islam, maka bercorak Islamlah kerajaan tersebut. Dengan kata lain, menjadi kesultananlah pemerintahan tersebut. Hal ini sangat disadari oleh para penyebar Islam di tanah air.

Ada enam hal yang dibahas oleh Sabjan Badio dalam bukunya yang berjudul Menelusuri Kesultanan di Tanah Jawa ini. Pertama, Sabjan Badio membahas proses masuknya Islam ke Nusantara. Kedua, Sabjan Badio membahas keberadaan Kesultanan Demak. Selanjutnya secara berturut-turut Kesultanan Pajang, Kesultanan Mataram, Kesultanan Cirebon, dan terakhir Kesultanan Banten.

Keenam materi tersebut disajikan dalam enam bab yang disampaikan dengan bahasa yang sederhana, disesuaikan dengan peruntukan buku ini, yaitu para remaja. Walaupun begitu, buku ini juga bisa dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kepentingan.

Judul: Menelusuri Kesultanan di Tanah Jawa
Penulis: Sabjan Badio
Penerbit: Aswaja Pressindo, 2012
Tebal: 56 + viii
ISBN: 978-602-7762-16-9
Harga: Rp20.450



1/01/2016