Apa Arti Membantar, Pembantar, Pembantaran, dan Bantarkan?

Sabtu, 18 November 2017

Berita yang menggunakan kata "batarkan" di Liputan6.com
Abasrin.com--Masyakat Indonesia masih disibukkan dengan kasus yang menimpa Ketua DPR RI, Setya Novanto. Di tengah permasalahan itu, tiba-tiba, muncul kosakata "bantarkan", sebuah kosakata yang tidak begitu akrab di telinga apalagi di lidah masyarakat Indonesia. Apakah artinya?

Kata "bantar" sesungguhnya telah menjadi lema dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ketika kita mengetik kata tersebut, kita akan diarahkan kepada tiga lema turunan, yakni "membantar, pembantar, dan pembantaran".

Pertama, "membantar", kata ini diartikan sebagai 'menolak' atau 'mencegah', misalnya, mencegah penyakit. Kedua, kata  "pembantar", diartikan sebagai 'pencegah' atau penangkal. Ketiga, kata "pembantaran", diartikan sebagai 'penangguhan masa penahanan', misalnya, Pembantaran masa penahanan Setya Novanto mulai berlaku hari ini.

Mungkin yang ketiga inilah yang paling mendekati penjelasan kata "bantarkan" yang sering muncul di media massa saat ini dengan asumsi bahwa kata "bantar" diartikan sebagai 'tunda' atau 'tangguh'. Sebagai catatan, kata "bantarkan" sendiri tidak terdaftar dalam lema Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Sabjan Badio, blogger Jogja



11/18/2017