Apa Perbedaan Penyunting dengan Editor di Wikipedia?

Selasa, 01 Desember 2015

Sabjan Badio, Editor Wikipedia

PENYUNTING dan editor dalam bahasa Indonesia memiliki kemiripan arti. Itu jika keduanya dikaitkan dengan naskah. Jika ada yang ingin mengaitkannya dengan perempuan atau jodoh, artinya pastilah sangat berbeda.

Jika di Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya memiliki kemiripan, di Wikipedia penyunting dan editor hal yang berbeda. Penyunting merupakan sebutan untuk setiap orang yang menulis dan memperbaiki atau mengembangkan artikel-artikel di Wikipedia. Mereka ini sering disebut Wikipediawan atau pediawan (penyunting Wikipedia sukarekawan).

Secara umum, penyunting di Wikipedia terdiri atas dua macam, yaitu pengguna anonim dan pengguna terdaftar. Sesuai namanya, pengguna anonim adalah pengguna yang menyunting Wikipedia dengan tidak menunjukkan identitasnya. Penyunting jenis ini rekam jejaknya melekat kepada IP yang digunakan olehnya. Saat ini, pengguna anonim hanya diizinkan untuk memperbaiki artikel yang sudah ada, tidak diizinkan untuk menulis artikel baru. Sementara itu, pengguna terdaftar menyunting Wikipedia setelah melalui proses registrasi dan login ke halaman Wikipedia. Rekam jejak pengguna ini tersimpan atas namanya sendiri. Jika pengguna anonim tidak dapat memulai artikel baru, pengguna terdaftar diizinkan.

Untuk pengguna anonim, statusnya hanya satu itu, pengguna anonim saja, tidak ada pembagian lain. Sementara itu, pengguna terdaftar memiliki beberapa status, misalnya pengguna biasa, editor, pengembali revisi, pengurus, birokrat, pemeriksa, dan pengawas. Perbedaan status tersebut terkait dengan akses yang dimiliki pengguna. Pengguna editor, misalnya, dia memiliki hak akses tertentu yang tidak dimiliki oleh pengguna biasa.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat dipetik informasi bahwa yang dimaksud dengan editor adalah satu di antara jenis pengguna terdaftar. Pengguna jenis ini memiliki hak akses berbeda dengan penyunting biasa. Kendati demikian, status editor di Wikipedia bukanlah jabatan, melainkan sekadar hak akses. Dengan kata lain, editor hanyalah pengguna biasa dengan hak akses khusus.

Sebagai pengguna biasa, kedudukan editor, pengembali revisi, pengurus, birokrat, sifatnya sama. Seorang editor dapat saja mengusulkan pemberhentian pengurus yang dipandang melakukan pelanggaran atas hak yang dimilikinya. Dikatakan mengusulkan karena editor tidak memiliki hak akses memberhentikan, hanya berhak mengusulkan pemberhentian. Pengurus pun demikian, dapat mencabut hak editor yang dipandang melanggar "kode etik" di Wikipedia.

Bagaimana dengan pengguna biasa? Dia juga dapat mengusulkan pemberhentian seorang editor bahkan pengurus. Sebaliknya, jika dia sendiri yang melakukan pelanggaran, dapat saja diusulkan oleh editor atau pengguna lain untuk diblokir dan pengurus akan memeriksa usulan tersebut untuk kemudian melakukan tindakan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan; memblokir, menolak, atau sekadar memperingatkan. []



12/01/2015