Bagaimana Cara Menghapus Pesan di Halaman atau Page Facebook?

Minggu, 21 Januari 2018

ABASRIN.com--Facebook menyediakan fasilitas halaman atau page, entah pelaku bisnis, organisasi, lembaga pemerintah, atau lain-lain, dapat memanfaatkan layanan ini. Untuk membuatnya sangat mudah, pengguna dapat langsung membuatnya dari Facebook sendiri hanya dalam beberapa langkah. Uniknya, setelah jadi, halaman ini dapat dikelola oleh beberapa orang dengan level akses sama atau berbeda dari Facebooknya masing-masing. Para pengelola dapat saling tahu siapa saja yang posting atau komentar di halaman, hal yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung biasa.

Di balik fasilitasnya yang wah itu, halaman menyimpan satu "misteri" yang berdasarkan penelusuran saya, bahkan sampai menjengkelkan para pemilik halaman. Perkaranya apalagi kalau bukan soal salah satu fitur di halaman, yaitu fitur perpesanan.

Kejengkelan para pengguna karena Facebook membuat perubahan-perubahan sehingga para pemilik halaman tidak mengetahui lagi, dengan kata lain tidak melihat lagi, menu yang dapat digunakan untuk menghapus pesan-pesan atau percakapan di kotak pesan mereka. Dengan tidak adanya menu tersebut, mereka kebingungan menghapus pesan-pesan.

Saya juga sempat stress, perkaranya saya melakukan beberapa kali uji coba perpesanan di halaman yang baru saja saya buat. Nah, pesan coba-coba itu ternyata tidak bisa dihapus. Klik sana klik sini, malah berputar-putar saja, pesan tidak kunjung hilang.

Telusur punya telusur, ternyata caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka halaman versi mobile di URL halaman kita, biasanya tertulis https://www.facebook.com/namahalaman, kita ganti menjadi m.facebook.com/namahalaman. Setelah terbuka, pilih menu pesan.



  2. Setelah menu perpesanan muncul, tinggal pilih pesan yang ingin dihapus.



  3. Pilih menu tindakan di pojok kanan bawah, selanjutnya klik menu hapus.



  4. Pesan sudah hilang.

Bagaimana, cukup mudah? Memang, sih sedikit memutar, mengapa kok harus melalui versi mobile dahulu baru bisa menghapus? Entalah, saya belum tanya ke Mr. Mark. Hehe.

Sabjan Badio, Blogger Jogja








1/21/2018