Suyanto.Id, wadah menulis bagi akademisi

Sabtu, 25 April 2020

Tampilan situs atau website Suyanto.Id
ABASRIN.com--Beberapa hari ini jagat internet diramaikan kemunculan situs baru, Suyanto.Id. Situs yang dikembangkan oleh Prof. Suyanto, Ph.D., guru besar FE Universitas Negeri Yogyakarta ini, saban harinya menyajikan gagasan bernas para akademisi, mulai guru, dosen, hingga guru besar.

Hari ini saja (25/4) ada dua tulisan yang muncul, tulisan pertama berupa jurnal yang ditulis Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, guru besar Universitas Negeri Semarang bersama dua rekannya yang juga akademisi. Selain itu, ada buku saku yang ditulis Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed., seorang dosen, Sekretaris Muhammadiyah, sekaligus Ketua BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) saat ini.

Selain tema-tema serius, ada juga tulisan bernuansa santai, seperti puisi, cerpen, hingga tips kehidupan sehari-hari. Tulisan santai ini ditulis oleh mahasiswa hingga akademisi, ada pengawas sekolah dan dekan. Prof. Suyanto, Ph.D. juga menulis di kolom ini.

Pengelola situs ini yang dipimpin langsung oleh Prof. Suyanto, Ph.D. memang mengundang masyarakat luas untuk ikut menyampaikan gagasannya di Suyanto.id. Para akademisi yang citra kesehariannya lekat dengan bahasa ilmiah dan serius ternyata di situs ini bisa tampil santai, bahkan beberapa tulisan terkesan jenaka.

Totok E. Suharto, misalnya, menuliskan pentingnya cuci tangan menggunakan sabun dalam menanggulangi covid-19. Uniknya, doktor lulusan Jerman yang mengajar di Universitas Bengkulu ini menyajikan dalam bahasa sederhana dan bernada guruan, lihat saja judulnya "Cinta-Benci yang Bikin Ambyar Corona".

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah pernah membaca tulisan di situs ini? Jangan sampai ketinggalan, bahkan Anda juga perlu menulis di sini. Caranya mudah, cukup dengan mengirimkan tulisan ke redaksi@suyanto.id, tentu saja dengan tambahan gambar diri atau ilustrasi yang mendukung. (*)



4/25/2020