Apa arti kata bangsat?

Kamis, 29 Maret 2018

Flickr.com
ABASRIN.com--Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kata "bangsat" yang keluar dari pernyataan seorang anggota DPR, Arteria Dahlan. Politisi PDIP itu mengatakan Kementerian Agama bangsat sehubungan kasus-kasus yang terjadi terkait jasa perjalanan umroh.

"Yang dicari jangan kayak tadi Bapak lakukan inventarisasi, pencegahannya, Pak. Ini Kementerian Agama bangsat, Pak, semuanya, Pak!" kata Arteria saat dengar pendapat antara Kejaksaan Agung dengan Komisi III DPR RI, Selasa (28/3).

Kata yang sama juga sempat menjadi bahan perbincangan tahun 2010. Penyebabnya juga dari pernyataan anggota DPR. Saat itu, anggota DPR Fraksi Demokrat, Ruhut Sitompul, menyebut anggota DPR Fraksi PDIP, Gayus Lumbun, bangsat saat sidang Pansus Angket Bank Century.

"Diam kau bangsat!" ujar Ruhut kepada Gayus yang sedang memimpin sidang Pansus dengan agenda pemeriksaan saksi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6\/1\/2010) seperti diberitakan Detik.

Saat itu publik juga heboh mendengar perseteruan yang membawa kata-kata bangsat itu. Masyarakat pun mulai belajar lebih jauh tentang makna bangsat. Ruhut pun berusaha menjelaskan pemahamannya. Menurutnya, kata tersebut berasosiasi dengan dua hal, pertama sejenis kutu, kedua adalah Bambang Soesatyo.

Lalu, apa sebenarnya arti bangsat? Jika kita tilik Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsat mengacu kepada tiga hal berikut.

bang.sat1

  1. n kepinding; kutu busuk〔Cimex lectularius〕
  2. n cak orang yang bertabiat jahat (terutama yang suka mencuri, mencopet, dan sebagainya): dasar anak --, menjadi -- juga

bang.sat2

  • a Mk gembel; miskin
Nah, terkait arti kata bangsat ini ternyata Ruhut ada benarnya, ya?



3/29/2018