Mapel TIK kembali hadir di kurikulum sekolah dengan nama mapel Informatika

Minggu, 05 Agustus 2018

Udemy.com
SETELAH sekian lama menghilang dan sempat menimbulkan kegalauan pada para pengajarnya, akhirnya mapel TIK atau teknologi informasi dan komunikasi direncanakan kembali hadir di kurikulum sekolah. Berdasarkan informasi yang dirilis Republika, mata pelajaran TIK hadir dengan nama baru, yaitu mata pelajaran informatika.

Masih berdasarkan informasi yang dirilis oleh Republika tersebut ada perbedaan mendasar antara mapel TIK dengan mapel Informatika. Pertama, mapel TIK wajib diikuti oleh semua sekolah dan siswa. Sementara itu, mapel Informatika merupakan pilihan, bisa diikuti oleh sekolah-sekolah yang menginginkan dan telah siap saja.

Perbedaan kedua, mapel Informatika direncanakan tidak sekadar mempelajari menu-menu yang ada pada aplikasi atau tombol-tombol pada perangkat keras, melainkan sampai kepada Computational Thinking dengan materi STEM (Computer Science or Coding Computer Programming).

Perbedaan ketiga, jika mapel TIK dapat diajarkan oleh banyak guru, bahkan oleh guru-guru yang sekadar memiliki pengalaman menggunakan komputer, internet serta aplikasi tertentu, pada mapel Informatika lebih dari itu. Guru Informatika dituntut untuk benar-benar mengusai bidangnya sehingga dapat mendampingi siswa dalam belajar hingga menciptakan sesuatu terkait teknologi digital.

Dengan kembalinya mapel TIK ini, guru-guru TIK dapat bernapas lega, ada harapan untuk tidak lagi dituntut menjadi guru BK-TIK. Hanya saja, pertanyaannya, apakah semua guru TIK akan mampu beradaptasi dengan mapel Informatika mengingat tidak semua guru TIK berlatar belakang pendidikan teknologi informasi? Kita tunggu saja. (sab)



8/05/2018