Tujuh Hal yang Perlu Dilakukan Blogger Masa Kini

Selasa, 23 Oktober 2018

itsallyogababy.com
MENJADI blogger sejak tahun 2000 membuat saya berkesempatan mengikuti pasang-surut dunia blogger. Dahulu, dunia blogger rata-rata diisi oleh "pekerja sosial" di mana di antara mereka banyak yang berbagi demi berbagi itu sendiri.

Pada perkembangannya, ketika pengetahuan para blogger semakin bertambah, tulisan semakin banyak, beberapa di antaranya mulai merambah dunia profesional. Profesional di sini saya maksudkan menulis sesuai keahlian serta mendapatkan uang dari proses tersebut. Ketika Google membuka keran Adsense di Indonesia, aktivitas ini semakin menggeliat.

Zaman terus berubah. Semakin cepatnya akses internet dan semakin murahnya harga paket data, membuat banyak blogger memiliki "saingan" baru, yaitu media berbasis foto dan video. Selain itu, para pemilik modal pun tiba-tiba muncul dengan situs-situs baru yang dikelola para ahli yang bekerja full time.

Menghadapi fenomena tersebut, mau tidak mau para blogger berubah. Mereka tidak bisa lagi berkubang di zona nyamannya jika tidak ingin tergilas zaman. Apa saja yang perlu dilakukan para blogger? Berikut ulasannya.

Mengelola konten secara baik

Dahulu banyak blogger yang sekadar copy-paste, saat ini mereka selalu dituntut dengan konten kreatif. Keadaan membuat para blogger tidak bisa lagi eksis hanya dengan modal copy-paste. Jika pun berhasil terkenal dengan modal copy-paste, risiko besar menanti. Hal ini di antaranya karena semakin berkembangnya media sosial. Suluruh dunia akan "dengan sukarela" mengawasi sekaligus menjadi hakim bagi kita. Sekali melangkah salah, tamat sudah nasib seorang blogger.

Permasalahan konten ini tidak hanya seputar teks, melainkan sampai kepada foto, video, hingga infografis. Oleh karena kompleksnya permasalahan konten ini, mungkin seorang blogger perlu bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki kemampuan yang tidak dimiliki.

Aktif memublikasikan tulisan baru

Bagian ini sebenarnya terkait dengan konten. Blogger tidak cukup dengan menyajikan konten yang kreatif, para peselancar dunia maya membutuhkan lebih dari itu. Jika postingan kita menarik, mereka minta lagi dan lagi. Ketika seorang blogger membuat jeda, pengunjung akan beralih ke blogger lain atau media berbasis foto dan video yang mungkin dipandang lebih menarik.

Membranding blog

Branding ini dimulai dari konsep isi blog hingga bentuk blog, domain, dan hosting. Blogger yang baik sepantasnya memutuskan untuk mengangkat tema tertentu sesuai keahliannya.

Bentuk blog terkait desain yang sudah dibangun. Beberapa blogger bahkan harus membuat anggaran khusus untuk mendapatkan theme atau template yang bagus dan sesuai. Bagus di sini dalam artian mudah digunakan dan enak dipandang. Sementara sesuai dimaksudkan untuk memilih theme yang selaras dengan tema blog.

Membeli domain dan hosting

Domain itu penting, nama domain yang sesuai jauh lebih penting. Secara tidak langsung, domain terkait branding. Blogger penting memiliki nama domain yang sesuai dengan tema yang diangkat atau jika materi yang diangkat terlalu beragam, domain bisa disesuaikan dengan nama blogger itu sendiri.

Saat ini harga domain dan hosting sangat variatif, di Hostinger misalnya, kita bisa mendapatkan nama domain yang murah, dari nol rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Tinggal sesuaikan dengan pilihan ekstensi domain yang diinginkan.

Harga domain sering didiskon bahkan digratiskan. Berdasarkan pantauan saya ketika menulis artikel ini, jika berlangganan hosting di Hostinger, kita bisa mendapatkan domain gratis. Jika tidak, ada beberapa domain dengan harga yang bahkan hanya belasan ribu.

Paket Domain Hostinger
Beberapa pilihan domain yang dapat digunakan blogger.

Domain yang sudah dibeli, bisa digunakan untuk hosting gratis, bisa juga untuk hosting berbayar. Jika diminta memilih, hosting berbayar jauh lebih baik. Ada beberapa alasan yang menunjukkan mengapa hosting berbayar lebih baik. Pertama, dengan berlangganan hosting, blogger memiliki kekuasaan menyimpan data, memilih theme bahkan memilih CMS, juga leluasa menyesuaikan URL artikel. Kedua, hosting berbayar mendapat dukungan dari penyedia layanan. Jika ada masalah dengan website atau blog, para blogger dapat menghubungi contact center penyedia domain dan hosting. Ketiga, tingkat kepercayaan pengunjung lebih tinggi kepada hosting berbayar daripada hosting gratisan, ini penting untuk mendukung brand yang sedang dibangun.

Ekstensi domain yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan tema blog. Blog atau website milik sekolah sebaiknya menggunakan ekstensi .sch.id, blog atau website milik perusahaan sebaiknya menggunakan .co.id, blog atau website milik organisasi sebaiknya menggunakan .or.id atau .org, sementara itu website toko sebaiknya menggunakan .store, dan seterusnya. Jika tidak atau ekstensi yang sesuai, kita bisa menggunakan ekstensi yang umum, misalnya .id atau .com.

Sebagaimana domain, hosting juga bisa didapatkan dengan mudah dan murah, di Hostinger blogger bisa mendapatkan paket hosting mulai harga Rp9.900 per bulan. Bahkan, paket tertentu menyediakan domain secara gratis sehingga para blogger tidak perlu berlangganan hosting dan domain secara terpisah.

Paket Web Hosting Hostinger
Paket hosting dengan harga terjangkau untuk blogger.

Membangun jejaring

Apatah artinya sebuah tulisan jika tidak ada yang membaca. Di saat pemodal besar mulai beraksi, bisa muncul di halaman pertama mesin pencari bukankah sesuatu yang mudah lagi. Untuk itu, para blogger perlu membangun kelompok untuk berjejaring.

Kelompok di sini bukan berarti kelompok blogger, melainkan kelompok yang memiliki minat yang sesuai dengan tema bahasan blog kita. Mereka ini sangat potensial dan berpotensi membaca serta membagikan tulisan kita.

Mencoba beriklan

Tidak ada salahnya mencoba beriklan. Media sosial biasanya menawarkan paket-paket iklan agar postingan kita bisa muncul di timeline pengguna lain bahkan sampai kepada orang-orang yang tidak terkoneksi secara langsung dengan kita. Sistem pada iklan biasanya bisa mengenali pengguna dengan minat tertentu.

Sebagai blogger kita bisa memilih paket iklan yang sesuai dengan kantong. Bahkan, beberapa perusahaan menyediakan paket gratis sebagai uji-coba. Layanan ini bisa dimanfaatkan.

Berinteraksi dengan pengunjung

Ketika memutuskan menjadi blogger, kita harus siap untuk banyak berinteraksi dengan pengunjung. Sistem website dan jejaring sosial, membuat sekat-sekat geografis menjadi tidak berarti. Para pengunjung dapat datang kapan saja serta berkomunikasi dengan kita kapan saja. Bisa jadi mereka tiba-tiba datang ke meda sosial kita sekadar mengucapkan teima kasih, bertanya lebih lanjut, mengusulkan membahas tema tertentu, hingga protes atas tulisan kita. Semua itu harus dilayani dengan baik.

Seorang blogger selain bertugas sebagai pengisi konten, secara otomatis juga bekerja sebagai marketing blog, manajer, sekaligus customer service. Komunikasi yang baik, sangat memungkinkan mengundang pengunjung yang setia. Bahkan, mungkin sekali-sekali kita bisa memberi penghargaan khusus kepada pengunjung dengan kriteria tertentu. (*)

Sabjan Badio, blogger Jogja



10/23/2018