Solusi UN Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Edisi 2018/2019

Aman 10/31/2018
Aman
31/10/18


UJIAN nasional akan memasuki tahun ke-68 setelah pelaksanaan pertama dengan nama Ujian Penghabisan. Sepanjang pelaksanaannya, permasalahan terberat yang dihadapi adalah terkait penyiapan diri siswa agar mampu mengerjakan soal-soal dengan baik dan maksimal. Kendati sejak dua tahun lalu telah digelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa daerah, persiapan-persiapan siswa pada hakikatnya tidak banyak berubah.

Pada praktiknya, Ujian Nasional hanyalah satu di antara sederet pekerjaan yang perlu ditunaikan siswa selama dirinya duduk di kelas VI (untuk Sekolah Dasar sederajat), kelas IX (untuk Sekolah Menengah Pertama sederajat), serta kelas XII (untuk Sekolah Menengah Atas sederajat). Dengan banyaknya pekerjaan yang perlu ditunaikan, para siswa perlu memiliki strategi belajar yang baik dan sesuai dengan karakteristik pribadinya. Selain itu, dibutuhkan juga piranti dan sumber belajar yang cukup agar proses belajar siswa dapat fokus dan terarah.

Hal tersebut menggerakan Siska Yuniati, Rusmantara, Rina Harwati, dan Septy Andari Putri untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam bentuk buku persiapan menghadapi Ujian Nasional. Buku ini mereka susun menjadi tiga bagian utama, yaitu pendalaman materi, contoh soal dan pembahasan, serta soal-soal uji kompetensi. Pada bagian akhir dihadirkan glosarium. Pada bagian pendalaman materi, penulis menyajikan materi-materi yang berdasarkan analisis berpotensi muncul di soal-soal Ujian Nasional akan datang. Materi pendalaman yang disajikan dalam buku ini meliputi membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, serta menyunting ejaan dan tanda baca.

Sementara itu, pada bagian contoh soal dan pembahasan disajikan soal-soal Ujian Nasional yang pernah diujikan. Selain ditentukan kunci jawabannya, soal-soal pada bagian ini juga dibahas secara proporsional. Selanjutnya, disajikan lima paket soal masing-masing lima puluh soal (sesuai standar Ujian Nasional) untuk digunakan para siswa berlatih.

Selain hal-hal tersebut, para penulis juga menyajikan glosarium dalam rangka membantu siswa dalam memahami makna kata yang sering menjadi hambatan selama ini. Hal ini cukup esensial karena kunci dari pemahaman atas sebuah teks di antaranya adalah kemampuan memahami makna sebuah kata.

Judul: Solusi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi 2018/2019
Penulis: Siska Yuniati, Rusmantara, Rina Harwati, Septy Andari Putri
Penerbit: Magnum Pustaka Utama
Tahun terbit: 2018
***

Siska Yuniati adalah guru bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bantul. Selain itu, dirinya pernah mengajar bahasa Indonesia di MAU Al-Imdad. Siska juga aktif menulis sastra dan nonsastra. Beberapa tulisannya dimuat di media massa, diterbitkan dalam bentuk buku, serta memenangkan kompetisi lokal dan nasional. Tahun 2018 Siska terlibat dalam pengelolaan hasil studi utama PISA di Indonesia. Saat ini Siska menjadi Sekretaris MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bantul serta Ketua Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi).

Rusmantara adalah guru bahasa Indonesia di MTs Negeri 5 Bantul. Selain mengajar, dirinya aktif di MGMP Bahasa Indonesia SMP dan menjadi ketua di MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul.

Rina Harwati adalah guru Bahasa Indonesia di MTs Negeri 7 Bantul. Lulusan Program Pascasarjana UNY ini merupakan Sekretaris MGMP Bahasa Indonesia MTs Bantul serta Sekretaris Bidang Humas, Informasi, dan Kerjasama Antarlembaga Pergumapi. Karyanya dalam bentuk opini, resensi, berita, cerpen, dan puisi dimuat di berbagai media lokal dan nasional serta antologi bersama. Tahun 2017 bersama penulis lain menulis Buku Pendamping Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013. Tahun 2018, Rina menjadi salah satu penulis soal nasional Puspendik Balitbang Kemdikbud RI.

Septy Andari Putri merupakan guru bahasa Indonesia di MTs Negeri 3 Kulon Progo. Tulisannya dimuat dalam majalah, jurnal, serta antologi bersama. Pada tahun 2017 menjadi pemenang II lomba inovasi pendidikan UNY. Pada tahun yang sama menjadi juara III guru berprestasi Kemenag Tingkat Nasional. Tahun 2018, Septy menjadi salah satu penulis soal nasional Puspendik Balitbang Kemdikbud RI. Dirinya aktif dalam organisasi, di antaranya menjadi pengurus MGMP SMP maupun MTs Kabupaten Kulon Progo, pengurus PGRI, serta pengurus Pergumapi.

Thanks for reading Solusi UN Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Edisi 2018/2019 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments