Apa arti kata tuman yang jadi meme dan viral akhir-akhir ini?

Jumat, 15 Maret 2019

Gambar yang digunakan sebagai ilustrasi untuk meme "tuman".
ABASRIN.com--Akhir-akhir ini di media sosial berseliweran meme lucu yang selalu disertai kata tuman. Ada banyak variasi kata atau kalimat yang disajikan, semuanya diakhiri dengan kata tuman.

Lalu, apa artinya tuman? Kata tuman sangat familiar di masyarakat penutur bahasa Jawa. Tetapi, sesungguhnya kata ini sudah masuk menjadi kosakata bahasa Indonesia. Coba deh, periksa KBBI Daring, Anda akan menemukan lema tuman di sana.

Tuman diartikan sebagai 'menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya', contohnya agar tidak tuman berbuat begitu, hajarlah ia kalau kebetulan ketahuan sedang berbuat kurang sopan. Dengan kata lain, dalam konteks terbatas, tuman dapat juga disamakan dengan 'jadi kebiasaan'.

Contoh meme "tuman" yang lagi viral.
Secara sederhana dapat dicontohkan, seseorang, sebut saja Sabjan, ditraktir makan siang oleh temannya. Esok harinya, dia ditraktir lagi, demikian pula dengan hari-bari berikutnya. Sabjan merasa enak ditraktir dan karena sudah beberapa kali, kemudian itu dirasakannya menjadi biasa alias 'jadi kebiasaan' sehingga selalu ingin ditraktir. Kondisi seperti inilah yang disebut 'tuman'.

Sabjan Badio, blogger Jogja



3/15/2019