Daftar istilah penting Kurikulum Merdeka

6/30/2022
30/06/22

Implementasi Kurikulum Merdeka

Oleh Sabjan Badio, blogger

ABASRIN.com--Kurikulum merdeka mulai diterapkan di Indonesia, dimulai dari program sekolah penggerak, dilanjutkan ke Implementasi Kurikulum Merdeka atau IKM. Implementasi ini dilakukan melalui tiga mekanisme, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi.

Seperti biasa, kalau ada hal baru, selalu diikuti dengan istilah-istilah baru. Lalu, istilah-stilah apa saja yang muncul di Kurikulum Merdeka? Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Kurikulum operasional satuan pendidikan

Kurikulum operasional satuan pendidikan disingkat KOSP berisi seluruh rencana proses pembelajaran dalam satuan pendidikan tertentu. Oleh karena disusun untuk kepentingan satu satuan pendidikan, isinya harus dikembangkan sesuai dengan kondisi, visi-misi, serta kebutuhan lembaga pendidikan tersebut. Pada Kurikulum 2013, istilah ini disebut juga KTSP atau dalam teknis penamaannya langsung disertai nama sekolahnya, misalnya Kurikulum SMP Ma’arif Imogiri.

2. Capaian pembelajaran

Capaian pembelajaran merupakan pengganti KI dan KD dalam Kurikulum 2013. Hanya saja, jika pada Kurikulum 2013 kita mengenal istilah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara terpisah, dalam Kurikulum Merdeka, ketiga hal tersebut terintegrasi.

Terkait capaian pembelajaran ini, dikenal istilah fase, Fase A, B, dan C diperuntukkan bagi sekolah dasar, fase D untuk SMP, dan Fase E untuk SMA. Adanya dua fase pada SMA dikarenakan adanya peminatan sehingga struktur kurikulum pada kelas XI dan XII menjadi berbeda. Lebih lengkapnya sebagai berikut.

  •     Fase A, kelas I s.d. II SD/sederajat
  •     Fase B, kelas III s.d. IV SD/sederajat
  •     Fase C, kelas V s.d. VI SD/sederajat
  •     Fase D, kelas VII s.d. IX SMP/sederajat
  •     Fase E, kelas X SMA/sederajat
  •     Fase F, kelas XI s.d. XII SMA/sederajat

3. Alur tujuan pembelajaran

Alur tujuan pembelajaran (ATP) memiliki fungsi yang mirip dengan silabus pada Kurikulum 2013, yaitu sebagai acuan perencanaan pembelajaran. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa alur tujuan pembelajaran merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secarfa sistematis dan logis berdasarkan urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir sebuah fase. ATP memuat kompetensi, konten, dan variasi.

4. Modul ajar

Pada dasarnya, modul ajar mirip dengan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP pada Kurikulum 2013. Hanya saja, pada Kurikulum Merdeka ini, RPP tersebut dilengkapi materi, lembar aktivitas siswa, hingga evaluasi untuk mengukur ketercapaian. Oleh karena itu, ada yang menyebutnya RPP plus. Jika dilihat-lihat, modul ajar ini mirip juga dengan modul yang selama ini kita kenal, hanya istilahnya dan kosepnya ditarik dalam KOSP.

5. Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila sudah cukup lama kita dengar, bahkan sebelum diluncurkannya Protitipe Kurikulum Merdeka. Pada Kurikulum 2013, Profil Pelajar Pancasila ini kita kenal dengan istilah Penguatan Pendidikan Karakteri atau PPK.

Profil Pelajar Pancasila merupakan gambaran karakter serta kompetensi lulusan yang diharapkan dari lulusan sebuah sekolah. Karakter atau kompetensi lulusan diharpkan mencerminkan nilai luhur Pancasila. Profil Pelajar Pancasila ini dibagi menjadi enam elemen. yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) mandiri, (4) bergotong royong, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.

6. Teaching at The Right Level

Sebagaimana istilah yang lain, Teaching at The Right Level atau TaRL ini sesungguhnya juga bukan merupakan istilah baru. TaRL merupakan pendekatan belajar yang mengacu kepada tingkatan capaian atau kemampuan peserta didik, bukan berdasarkan tingkat kelas. Pendekatan ini dipandang dapat menjadi jawaban dari permasalahan kesenjangan pemahaman yang selama ini terjadi pada siswa di kelas. Pada prosesnya, perlu ada intervensi guru untuk memberi pembelajaran yang relevan dan spesifik dalam rangka mengatasi permasalahan perbedaan yang ditemukan.

7. Pembelajaran berdiferensiasi

Pengajaran yang memberikan beragam cara dalam memahami informasi. Hal ini dalam tujuan untuk menjawab kebutuhan, gaya, serta minat siswa yang bervariasi. (*)

Thanks for reading Daftar istilah penting Kurikulum Merdeka | Tags:

Latest
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Daftar istilah penting Kurikulum Merdeka